Assalamualaikum wr. wb

Halo guys kali ini blog Info-Linux akan berbagi info menarik seputar OS Linux, ya bagi yang belum tau dan bertanya tanya karna ada tugas sekolah “apa sih linux itu ?” bisa langsung kita simak sama-sama, cekidottt !!!


Pengertian Linux

Yang pertama pengertian linux itu apa sih ? Linux adalah salah satu contoh hasil pengembangan sistem operasi bertipe unix dan juga sistem operasi linux merupakan sistem operasi terbuka atau yang juga disebut open source. Linux sendiri didirikan pada tahun 1991 oleh pembuat nya yakni Linus Torvald. Tak hanya itu linux juga memiliki bermacam-macam Operasi sistem atau yang bisa disebut juga Distro Linux, contohnya seperti Debian, Ubuntu, Kali linux, manjaro, fedora, dll. Linux juga bekerja pada sistem operasi GNU mulai dari peralatan sistem, pustaka, dan sistemnya yang mana juga dikenal dengan GNU/LINUX. GNU sendiri didirikan oleh Richard Stallman pada tahun 1983 yaitu sebelum linux itu berdiri.

Macam – macam Distro Linux

Distro linux sendiri juga sebenarnya banyak dan yang akan kita bahas disini hanya 5 saja, langsung aja kita simak

  • Ubuntu

Ubuntu adalah suatu sistem operasi yang berbasiskan pada OS Debian dan dikembangkan oleh perusahaan yang berasal dari Afrika Selatan bernama Canonical ltd. Awal mula penamaan kata Ubuntu ini juga berasal dari bahasa Afrika Selatan yang artinya kemanusiaan. Dengan ini sifatnya sebagai OS open source (terbuka), Ubuntu sengaja diprioritaskan untuk kepentingan umum atau server.

  • Debian

Proses penamaan dari salah satu Distro Linux ini bisa dibilang cukup unik. mengapa unik ? karena sang pencetus pertama kali yakni Ian Murdock memberi nama Debian karena merupakan kombinasi dari namanya dan mantan kekasihnya haha jangan flashback ya kawan. Salah satu alasan mengapa Debian ini termasuk Distro Linux yang paling banyak digunakan adalah karena OS Debian memiliki sistem security yang bagus .

  • Open SUSE

Open SUSE Project selaku pihak pengembang menciptakan sistem operasi ini dengan tujuan agar penggunaan Linux dapat lebih maju dengan kinerjanya yang stabil dan ramah pengguna. Open SUSE ini lebih sering digunakan sebagai sistem operasi desktop/ server.

  • Fedora

Fedora ini merupakan salah satu Distro Linux yang dkembangkan karena disponsori dan didukung oleh Red Hat, namun dibuat oleh tim khusus bernama Fedora Project. Bahkan nama Fedora ini diambil dari salah satu karakter dalam logo Red Hat itu sendiri. Sama halnya dengan Red Hat, sistem operasi Fedora juga menggunakan sistem RPM Package Manager.

  • Kali Linux

Kali Linux, yang dahulu dikenal dengan nama BackTrack, adalah salah satu distro Linux yang dirancang khusus untuk Penetration Testing dan Security Auditing. Kali Linux dikembangkan, didanai dan dikelola oleh Offensive Security, sebuah perusahaan pelatihan keamanan informasi terkemuka. Berbasis Debian, Kali Linux mempunyai ratusan pre-install tool di dalamnya untuk kebutuhan penetration testing. Distro ini juga telah dipakai oleh banyak security professional, yang juga merupakan spesialis di bidang penetration testing, forensik, reverse engineering, dan vulnerability assessment.

Untuk Desktop Environment-nya, Kali Linux hadir dengan berbagai varian, yaitu Kali Linux KDE, Mate, LXDE and Enlightenment.

Kesimpulan

Dari 5 distro Linux di atas, masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya sendiri. Dengan kata lain, setiap distro yang dicantumkan memiliki fungsi yang berbeda. Kalian dapat memilih salah satu atau lebih dari distro di atas sesuai dengan kebutuhan. Untuk mencobanya terlebih dahulu sebelum melakukan install, kalian dapat mendownload beberapa dari distro di atas untuk di-boot melalui Live CD untuk mengetahui apakah distro yang dipilih cocok atau tidak.

Nah cukup segitu dulu informasi dari kami semoga ilmu yang kami berikan bermanfaat bagi semua aminn… oh iya dan jangan lupa share agar kawan mu juga tau……

Tinggalkan komentar

Rancang situs seperti ini dengan WordPress.com
Ayo mulai